Asal mula timbulnya adat perkawinan
sesuai Karaharak/Penuturan Silsilah Adat disetiap Perkawinan Suku Dayak
Ma’anyan sampai dengan sekarang, Bermula
Dari Kampung Pupur Parumatung Banua
Langai Langit, Patah Mulung Sasuratan suatu ketika seseorang berburu
mendapatkan 2 ekor binatang yang tidak
mereka ketahui namanya, ketika orang-orang ramai mencari tahu nama binatang
tersebut, lalu menurut Nini Punyut ( Etuh Bariuangan ) namanya adalah
:
1. Amunin
Rimui Langit Eha Purun Kapamulu Situa Ganap Sisik.
2. Wurung
Sidura Dure Amu Riak Rengkai Lengan Nyuung Kamang Rariasan, Pamiluwu Sampa
Ringgit.
Maka lalu disemblih lah
binatang-binatang tersebut darahnya dimasukan kedalam wadah dan dagingnya
dimasak, dan dimasukan kedalam satu
wadah, lalu Nini Punyut memanggil Datu Sawalas ( 11 ) dengan Dara Dua Belas ( 12 ) dan Nini Punyut meminta
mereka memakan masakan tersebut setelah itu menanyakan kepada mereke
masing-masing bagaimana rasanya :
1.
Datu Tantaran Wulau,
Raden Bapangkat Amas.
2.
Datu Bias Layar,
Miharaja Tampi Didagangan Amas.
3.
Datu Mangkaren,
Miharaja Putut Watuntungan
4.
Datu Patahala Langit,
Miharaja kabeh Lalan.
5.
Datu Garinsingin,
Miharaja Hanak Lala.
6.
Datu Siangan Langit, Miharaja
Tutuyan Anrau.
7.
Datu Dauh Langit,
Miharaja Nungkun Lalan Anrau.
8.
Datu Papusuk Langit,
Miharaja Sungkul Lalan Anrau.
9.
Datu Nuluh Wuman,
Miharaja Tinyau Laut.
10. Datu
Pujut Tulisan, Miharaja Gunung Lunsir.
11. Datu
Ma Saliaung, Miharaja Ammah Engkai.
1.
Dara Gansa Tulen Agung
Puhur Langit.
2.
Dara Ngumpai Banang
Suraibu Ngubar kapas.
3.
Dara Punsa Lamiang
Suraibu Wulau Lalung.
4.
Punsu Kasa Suraibu
Turus Riwut.
5.
Dara Punsu Amas,
Suaribu Wulan Tunyung.
6.
Dara Sunra Unru,
Suaribu Tamiasau Wulan.
7.
Dara Legar Gansa,
Suraibu Mangatekang Lengan.
8.
Dara Bubar Wunge, Suraibu Pangiluwu.
9.
Dara Sarun Sadang Surai
Ibu Kalinangan Tangar.
10. Dara
Apen Karupeh Wawei, Sariwana Ine Jawan Piyu Tandrik
11. Dara
Tamurak Punsu, Dara Hemai Panuluen
12. Dara
Apen Piteng
Dan konon kepada Datu Sawalas dan Dara
Dua Belas, bagi mereka yang sama rasa dijadikan Nini Punyut sebagai dasar untuk
menyatukan mereka menjadi suami isteri, lalu mereka di Pilah/Palas denga darah
binatang yang mereka makan, maka sejak itu timbul ada adat perkawianan dengan
dasar Sama Rasa, Sama Perasaan.
Yang
Sama Rasa Antara Datu Sawalas Dengan Dara Dua Belas Antara Lain :
1. Datu
Tantaran Wulau, Raden Bapangkat Amas. sama rasa dengan
Dara
Gansa Tulen Agung Puhur Langit, dan
beranak ( Hi Jarang )
2. Datu
Bias Layar, Miharaja Tampi Didagangan Amas. Sama rasa dengan
Dara
Ngumpai Banang Suraibu Ngubar kapas dan beranak ( Damung Paning ragen Riak
Gansa Purun )
3. Datu
Mangkaren, Miharaja Putut Watuntungan Sama rasa dengan
Dara
Punsa Lamiang Suraibu Wulau Lalung dan beranaka ( Damung Iban Maleh Pusi Raya
Gunung )
4. Datu
Patahala Langit, Miharaja kabeh Lalan. Sama rasa dengan
Dara
Punsu Kasa Suraibu Turus Riwut dan beranak ( Damung Mantir kaki, Ratu Ngaluh
Langit )
5. Datu
Garinsingin, Miharaja Hanak Lala. Sama rasa dengan
Dara Punsu Amas, Suaribu Wulan Tunyung. dan beranaka
( Damung Anya Gunung, ratu Guruh Anrau )
6. Datu
Siangan Langit, Miharaja Tutuyan Anrau. Sama rasa dengan
Dara
Sunra Unru, Suaribu Tamiasau Wulan Dara dan beranak ( Damung Lampung Dinei, Gana Mean
Sinsin atau HI ANGAR.
7. Datu
Dauh Langit, Miharaja Nungkun Lalan Anrau. Sama rasa dengan
Legar
Gansa, Suraibu Mangatekang Lengan dan beranak ( Si Papak Raden Limung, Ratu
Agung Mansing )
8. Datu
Papusuk Langit, Miharaja Sungkul Lalan Anrau. Sama rasa dengan
Dara Bubar Wunge,
Suraibu Pangiluwu. Dan beranak ( Damung Bangkas Maleh,
Ratu Nyaluk Langit )
9. Datu
Nuluh Wuman, Miharaja Tinyau Laut. Sama rasa dengan
Dara Sarun Sadang dan
beranak
(Damung Laip Ngilu Patis Payung
Anrau atau Hi Idung).
10. Datu
Pujut Tulisan, Miharaja Gunung Lunsir. Sama rasa dengan
Dara
Apen Karupeh Wawei, Sariwana Ine Jawan Piyu Tandrik dan beranak (Mantir Talengu
, Ganna Papan Wawei ) atau Hi Engu.
11. Datu
Ma Saliaung, Miharaja Ammah Engkai. Sama rasa dengan
Dara Hemai Panuluen
Dara Apen Piteng
Dan beranak ( Damung Tengkai Maleh, Ratu Guruh Riwut
atau HI ENGKAI .
Jadi
sejak berwala dari Datu Sebelas Dara Dua Belas dipalas dengan darah binatang
yang mereka makan bersama-sama tersbut oleh NINi PUNYUT ( ETUH BARIUNGAN ),
maka sejak itulah dasar adanya perkawinan dengan dasar adat sama rasa, sameh
inam, sama tujuan, sama kehendak.
Dari Pupur Parumatung mereka membuat hunian baru
yakni Di Nansarunai dan disini lah mulai ditetapkannya mantir adat, untuk
mengatur dan menata aturan kehidupan dengan adat, pimpinan tertinggi pada jaman
itu di Tumpuk Nansarunai Raden Anyan
dengan gelar Datu Tantaran Wulau Raden
Bapangkat Mas atau Amah Jarang istrinya Diang Janah gelar Dara Gansa Agung Paur Langit atau Ineh Jarang .
Mari kita saling Berkunjung ke blog http://jonimaanyan.blogspot.co.id/
BalasHapus