Komunitas Anak Dayak Maanyan (KOMANDAN) jln. Nansarunai RT.V, dabung (depan RSUD Tamiang Layang), Kabupaten Barito Timur, contact personne : (ebbi)+6285249537058, PIN BB 27011fe5 (Alfirdaus) +621351946584 e-mail komandan_maanyan@yahoo.com komandanmaanyan@gmail.com

Kamis, 30 Januari 2014

"punuk pisanturuyan" kesederhanaan yang mahal



Kegiatan Pameran Pemerintah Kab. Bartim dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Barito Timur yang ke-11 dilaksanakan tanggal 26-29 Agustus 2013 membawa suatu kenangan indah untuk Sanggar KOMANDAN yang mana bertepatan pada tanggal 28 agustus tersebut merayakan Ulang Tahunnya yang ke 4. Pameran ini diikuti seluruh SKPD yang ada di Pemerintahan Kab. Bartim serta pihak-pihak swasta dan organisasi-organisasi yang juga ikut ambil bagian dalam kegiatan tahunan ini.
Sanggar KOMANDAN yang untuk pertama kalinya ikut ambil bagian, membangun sebuah stand pameran dengan tema "punuk pisanturuyan" dengan menyajikan kerajinan tangan anggota sanggar, foto-foto kegiatan, piala-piala, rekaman-rekaman video ritual adat hasil dokumentasi sanggar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan Sanggar KOMANDAN. Setiap malam musik tradisional dimainkan seraya menampilkan tari-tarian, tandrik tampak sebagai hiburan dengan melibatkan pengunjung stand KOMANDAN. Alhasil hampir setiap malam mendapat apresiasi dari pengunjung, bahkan Bapak Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas pada saat pembukaan bersedia meninjau stand dengan menaiki tangga dari kayu bulat (tukat tungkilan) untuk masuk ke dalam Stand KOMANDAN yang sederhana.

Hal yang menggembirakan adalah Stand KOMANDAN yang sederhana tersebut malah mendapat penghargaan sebagai Juara Favorite Stand Pameran, maka semakin lengkaplah perayaan HUT KOMANDAN pada tahun lalu. Sekarang di Tahun yang baru ini merupakan tahun yang penuh tantangan, semoga semangat api kreatifitas dan air kebersamaan masih tetap menyala dan mengalir di jiwa anggota sanggar KOMANDAN dimanapun berada. 
Semakin tinggi pohon, semakin kencang pula angin yang menerpa sehingga diperlukan akar yang kokoh agar pohon tersebut tidak tumbang dan bagaikan padi semakin berisi semakin merunduk. Beberapa kalimat tersebut merupakan suatu bahan untuk selalu mawas diri bagi Sanggar KOMANDAN dimasa yang akan datang.
 "Hungei takuam hang tumpuk Puri, amun puang takam hie lagi". eehhmm..hehehe(eB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..

Komunitas Anak Dayak Maanyan (KOMANDAN) jln. Nnsarunai RT.V dabung (depan RSUD Tamiang Layang), Kabupaten Barito Timur, contact personne : (ebbi)+6285249537058 PIN BB: 27011fe5 (Alfirdaus) +621351946584 e-mail komandan_maanyan@yahoo.com komandanmaanyan@gmail.com