Komunitas Anak Dayak Maanyan (KOMANDAN) jln. Nansarunai RT.V, dabung (depan RSUD Tamiang Layang), Kabupaten Barito Timur, contact personne : (ebbi)+6285249537058, PIN BB 27011fe5 (Alfirdaus) +621351946584 e-mail komandan_maanyan@yahoo.com komandanmaanyan@gmail.com

Minggu, 19 Januari 2014

Ngakoyoko goes to fight

"A man may die, nations may rise and fall, but an idea lives on. 
Ideas have endurance without death."
John F. Kennedy
Kai Oyooooo dan dayang dayangnya gkgkgkgkkkk
What is the most resilient parasite? An idea. A single idea from the human mind can build cities, rewrite all the rules, and transform the world. Neither armies, nor dictators, nor even mortality have power over them. People die, but their ideas do not. 
Ide original/asli adalah seperti bunga-bunga yang disatukan, setiap orang pasti memiliki konsep berbeda tentang bentuknya namun bahan serta dasarnya tetap sama. Sebagian mungkin memandang folklore hanyalah seni gerak tari, suara dan bahasa yang ditampilkan, namun Ngakoyoko merangkum semuanya. Mulai dari seni suara numet, hanriak, tumet leut, seni tari dadas dan bawo, sejarah, hingga penggunaan rias karakter agar nuansa enisnya lebih terasa.

Ngakoyoko pertama kali tampil pada kegiatan lomba Folklore saat Pesparawi 2013 tingkat provinsi di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah. Hasilnya mereka meraih juara pertama kategori Folklore dan seharusnya dapat mewakili Kalimantan Tengah ke tingkat Nasional. Mengapa Ngakoyoko sangat berhubungan dengan Sanggar Seni dan Budaya KOMANDAN?

Hampir sebagian besar personil Ngakoyoko adalah anggota dan pengurus KOMANDAN, hal inilah yang menjadikan Ngakoyoko indentik dengan sanggar KOMANDAN. Jadi pada pertengahan hingga akhir 2013 sanggar KOMANDAN tidak begitu aktif pada event-event tari karena hampir semua anggotanya sibuk dengan kegiatan di Ngakoyoko dan lomba-lomba di ajang Pesparawi tersebut. Namun saat ini telah memasuki tahun yang baru, 2014 ada harapan baru, rencana, serta cita-cita yang ingin diraih oleh Sanggar KOMANDAN dan Ngakoyoko. Semoga semua rencana yang telah dirintis dapat terlaksana dengan baik. (posted from Palangkaraya, kalimantan Tengah)(bo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..

Komunitas Anak Dayak Maanyan (KOMANDAN) jln. Nnsarunai RT.V dabung (depan RSUD Tamiang Layang), Kabupaten Barito Timur, contact personne : (ebbi)+6285249537058 PIN BB: 27011fe5 (Alfirdaus) +621351946584 e-mail komandan_maanyan@yahoo.com komandanmaanyan@gmail.com