Komunitas Anak Dayak Maanyan (KOMANDAN) jln. Nansarunai RT.V, dabung (depan RSUD Tamiang Layang), Kabupaten Barito Timur, contact personne : (ebbi)+6285249537058, PIN BB 27011fe5 (Alfirdaus) +621351946584 e-mail komandan_maanyan@yahoo.com komandanmaanyan@gmail.com

Senin, 27 Januari 2014

Ancak lambang ungkapan syukur


Masyarakat di pedesaan – pedesaan yang ada di Kabupaten Barito Timur sampai saat ini masih sering melaksanakan ritual Ngancak atau Ipaket, yaitu acara ritual dalam rangka memberikan sesajen kepada roh-roh halus penjaga kampung. Setelah dilaksanakan ritual oleh Wadian di dalam rumah, biasanya mereka meletakkan Ancak ini di perbatasan kampung. Pada saat meletakkannya pun masih ada berbagai prosesi lagi bahkan pada saat itu pasti ada yang kesurupan, menandakan bahwa roh-roh halus telah datang dan merasukinya untuk menikmati sesajen-sesajen yang telah disediakan.
            Dibeberapa desa pembuatan Ancak bahkan ada panjangnya yang mencapai 2 meter, dengan isi berbagai jenis sesajen didalamnya. Ayam mentah, darah babi dan ayam, kue-kue, nasi ketan yang dimasak dalam bambu, patung kayu kecil, dan masih banyak lagi lainnya. Kegiatan ini biasanya berlangsung setelah masa panen selesai. 

Pada saat prosesi berlangsung masyarakat tidak ada yang boleh keluar masuk kampung dan esok harinya selama 1 hari masyarakat melaksanakan “itampadi” (pantangan). Seperti tidak boleh ke hutan mencari kayu, membakar sampah, melakukan pekerjaan yang berat, dan lain-lain atau pada intinya dilarang melakukan pekerjaan rutin sehari-hari sehingga pada waktu dulu 1 hari setelah Ritual Ngancak kampung tersebut pasti sepi karena semua orang mengurung diri di dalam rumah masing-masing.    
masyarakat maanyan biasa menyebut dengan ritual ipaket ini, pada prinsipnya pelaksanaan ini merupakan ungkapan syukur masyarakat adat atas hasil panen yang berlimpah dengan harapan di masa yang akan datang akan terus diberi kemurahan rejeki serta kesuburan atas kebun dan ladang mereka. (eB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..

Komunitas Anak Dayak Maanyan (KOMANDAN) jln. Nnsarunai RT.V dabung (depan RSUD Tamiang Layang), Kabupaten Barito Timur, contact personne : (ebbi)+6285249537058 PIN BB: 27011fe5 (Alfirdaus) +621351946584 e-mail komandan_maanyan@yahoo.com komandanmaanyan@gmail.com