Komunitas Anak Dayak Maanyan (KOMANDAN) jln. Nansarunai RT.V, dabung (depan RSUD Tamiang Layang), Kabupaten Barito Timur, contact personne : (ebbi)+6285249537058, PIN BB 27011fe5 (Alfirdaus) +621351946584 e-mail komandan_maanyan@yahoo.com komandanmaanyan@gmail.com

Jumat, 18 Oktober 2013

Persiapan Floriade 2012 Venlo 2012 Holland World Expo


Latihan untuk penampilan di Belanda

Dengan memanjatkan Puji dan Sukur kepada Tuhan yang maha Esa dan dengan Rahmat-Nyalah maka Dance Scripts Tarian ini dapat terselesaikan, dalam rangka kegiatan Floriade 2012 Venlo 2012 Holland World Expo di Belanda.
Pada tarian ini yang diangkat merupakan penggambaran secara garis besar Kawit Kinte tersebut, dengan filosopi keterikatan yang kuat antara tiap generasi untuk menuju pelestarian adat budaya secara turun menurun. Dengan menggunakan symbol pengikat dan dipadu dengan gerakan-gerakan pakem yang berkembang di Kabupaten Barito Timur, maka dalam tarian ini memberikan makna tentang betapa pentingnya pelestarian warisan leluhur dengan cara Kawit Kinte.
Semoga dengan adanya Dance Scripts Tarian ini dapat dijadikan sebagai bahan panduan bagi Pencinta Seni Budaya serta dapat dijadikan tambahan pengetahuan tentang khasanah khas budaya Barito Timur. Diharapkan dengan terbukanya informasi secara lengkap tentang sebagian kecil dari Kebudayaan yang dimiliki oleh Kabupaten Barito Timur dapat memberikan input yang positif bagi perkembangan Pariwisata di Kabupaten Barito Timur dan Kalimantan Tengah.
          Demikian yang dapat kami sampaikan lebih dan kurangnya kami mohon maaf dan kepada semua pihak yang terkait kami ucapkan Terima Kasih.

LATAR BELAKANG

            Dengan adanya event  ini dapat mewujudkan pemerataan pembangunan disegala bidang di Wilayah Kabupaten Barito Timur dan Propinsi Kalimantan Tengah dapat dicapai secara khusus melalui seni tari, yang mengandung nilai-nilai luhur dan kearifan suku bangsa yang harus dilestarikan dan dipertahankan sebagai jati diri daerah.
            Event ini merupakan ajang yang paling tepat dalam memilih / memilah bibit bebet dan bobot yang berkualitas di bidang Seni Tari yang layak dan laku dijual sebagai promosi Pariwisata Kalimantan Tengah
            Sektor Pariwisata merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi yang cukup signifikan dalam mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan PAD Kabupaten Barito Timur dan Propinsi Kalimantan Tengah, disamping itu dapat menarik minat Wisatawan / Investor untuk datang kedaerah.

TUJUAN
            Merencanakan dan memperkenalkan Kesenian Daerah khas Kabupaten Barito Timur pada khususnya dan Kalimantan Tengah pada umumnya, kepada masyarakat luas agar mencintai Budaya dan Kesenian Daerahnya.
            Merencanakan sebagai alat promosi dalam rangka memperkenalkan Budaya dan Kesenian Daerah sebagai obyek wisata yang layak jual agar dapat menarik minat penanaman modal khusus dalam sektor Kesenian Daerah

WADIAN IRUANG WUNRUNG

            Wadian merupakan tokoh yang sangat dihormati dan disegani di masyarakat adat DAS Barito khususnya di Kabupaten Barito Timur,  karena kemampuan mereka dalam memimpin suatu ritual adat pengobatan orang sakit, ritual pesta panen, ritual kematian dan lain-lain.
            Pada tarian ini mengambil gambaran tentang sosok wadian itu sendiri, yang di tarikan oleh 2 orang Wadian Bawo (penari pria) dan 3 Wadian Dadas (penari wanita). Perpaduan inilah yang disebut dengan iruang wunrung. Dalam tarian ini menampilkan sebuah atraksi yang disebut Wadian Bulat, dengan filosopi kebulatan tekad.

PANRUNGAN
            Seorang Wadian mempunyai perlengkapan-perlengkapan sendiri yang dikenakan pada saat pelaksanaan Ritual.  Pakaian dan perlengkapan ini wajib digunakan, yang biasanya diletakkan didalam suatu wadah yang disebut dengan lanjung.
            Lanjung yang berisikan pakaian dan perlengkapan seorang Wadian inilah yang disebut dengan Panrungan. Pada tarian ini mengambil gambaran tentang betapa sakral dan pentingnya perlengkapan ini dalam menunjang kegiatan seorang wadian sehingga harus dijaga dengan baik-baik.

Penari Balian Bawo :
Penari Balian Dadas :

  1. DEBBI LERIANTONI
  2. DODI ANDREAS



  1. NINDYA PUTRI PERMATA SARI
  2. MITHA IKARNIUM
  3. AGNES ANAMARTINA


Penata Tari                                          : KOMANDAN (Komunitas Anak Dayak Ma’anyan)
Penata Musik                                      : KOMANDAN (Komunitas Anak Dayak Ma’anyan)
Penata Rias                                         : KOMANDAN (Komunitas Anak Dayak Ma’anyan)
Penata Kostum                                    : KOMANDAN (Komunitas Anak Dayak Ma’anyan)


Nara Sumber               : - Pa Debuk ( Wakil Damang Kampung Sapuluh)
                                      - Karman (Wadian Bawo)

Penampilan di Belanda  doc.Hansli


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..

Komunitas Anak Dayak Maanyan (KOMANDAN) jln. Nnsarunai RT.V dabung (depan RSUD Tamiang Layang), Kabupaten Barito Timur, contact personne : (ebbi)+6285249537058 PIN BB: 27011fe5 (Alfirdaus) +621351946584 e-mail komandan_maanyan@yahoo.com komandanmaanyan@gmail.com