Komunitas Anak Dayak Maanyan (KOMANDAN) jln. Nansarunai RT.V, dabung (depan RSUD Tamiang Layang), Kabupaten Barito Timur, contact personne : (ebbi)+6285249537058, PIN BB 27011fe5 (Alfirdaus) +621351946584 e-mail komandan_maanyan@yahoo.com komandanmaanyan@gmail.com

Minggu, 10 Juni 2012

Komunitas Anak Dayak Maanyan

Terbentuk Dari Keprihatinan

Tamiang Layang –Budaya maanyan yang mulai terkikis oleh modernisasi mendorong generasi muda untuk bertindak, maka Alfirdaus Andak, Debbi Leriantoni, Batapea (alm), Lungai, Puput, dan Esti serta diikuti kawan-kawan yang kebetulan dalam sanggar-sanggar tari di Barito Timur membentuk Komunitas Anak Dayak Maanyan (KOMANDAN). Saat ini mereka telah memiliki lebih dari 50 orang yang terdaftar, belum ditambah simpatisan.

Walaupun mereka menamakan diri sebagai Komandan, namun didalamnya tergabung berbagai sub enik seperti dusun, lawangan, banjar kapuas, kahayan bahkan jawa. “Siapa saja boleh datang dan belajar disini baik menari hingga membuat ornament,”jelas Ketua Komandan, Firdaus kepada Kalteng Pos Sabtu (19/5) siang di hotel Melati Wisata.

Dijelaskannya pula, komunitas ini tidak memungut biaya sepeserpun untuk orang yang berlatih tari ditempat mereka. Selain itu di komunitas ini tidak ada iuran yang dipungut, untuk memenuhi kebutuhan dana kegiatan mereka punya cara sendiri. Biasanya komunitas ini diundang untuk mengisi acara pernikahan, dari acara ini mereka dibayar dan dana itulah yang disisihkan untuk kas Komandan.
Penggunaan dana kas Komandan adalah untuk pembangunan sanggar, merenovasi alat music tradisional, selain itu dana kas bisa dipinjam oleh anggota komandan.

Kegiatan rutin dari Komandan sendiri adalah latihan tari, belajar membuat ornament dan mendokumentasikan ritual adat seperti balian mati. Secara structural komunitas ini berada dibawah Dinas Pariwisata Barito Timur dan Kecamatan Dusun Timur, namun secara keorganisasian mereka bergerak independent.

Rencana kedepannya Komandan ingin membenahi sanggar di sekretariat mereka, dan membuka pusat budaya Maanyan di Palangka Raya. Hal ini bertujuan untuk mengangkat budaya Maanyan yang mulai terlupakan oleh generasi muda.

Komandan sendiri sedang mengikuti Festival Budaya Isen Mulang yang dibuka kemarin, mereka menjadi wakil Barito Timur untuk lomba tari pedalaman. “Untuk even tari biasanya anggota Komandan ikut baik lewat sekolah maupun dari dinas pariwisata seperti ini,” pungkasnya disela-sela mengerjakan mobil hias. (bo)

Pengurus
Ketua             : Alfirdaus Andak
Sekretaris       : Debbi Leriantoni
Bendahara      : Esty

Sekretariat  Jalan Nansarunai no 65, Tamiang Layang, Barito Timur
You tube link             : KOMANDAN channel
http://www.facebook.com/#!/groups/166974846672248/ komandan_maanyan@yahoo.com

1 komentar:

..

Komunitas Anak Dayak Maanyan (KOMANDAN) jln. Nnsarunai RT.V dabung (depan RSUD Tamiang Layang), Kabupaten Barito Timur, contact personne : (ebbi)+6285249537058 PIN BB: 27011fe5 (Alfirdaus) +621351946584 e-mail komandan_maanyan@yahoo.com komandanmaanyan@gmail.com